Sifat dan Perilaku seorang Bapak Teladan

Sifat dan Perilaku Seorang Bapak Teladan ( disadur dari Rahasia Sukses Orang-orang
Besar, oleh Dr.’Aidh al-Qarni ).

1. Mengharap dan berdoa kepada Allah setiap waktu, untuk meminta kebaikan anak keturunannya dan dirinya sendiri.
2. Sesekali bercanda, bercengkerama dan bersikap lemah lembut kepada si kecil. Sedang kepada anak anaknya yang besar, sebaiknya ia memperlakukan mereka sebagai teman.
3. Memelihara keselamatan keluarga dengan cara mengajak mereka untuk memuliakan hak-hak Allah, menjalankan semua perintah-Nya, menghindari segala larangan-Nya, dan menjaga batasan-batasan-Nya
4. Tidak meninggalkan rumah selain untuk keperluan yang penting dan mendesak; selalu meluangkan waktu untuk keluarga, berbincang bincang, mendidik dan menasihati mereka.
5. Menjaga keluarga agar terhindar dari pelbagai bentuk sarana yang menimbulkan petaka, alat alat yang melalaikan, dan membersihkan rumahnya dari segala hal yang tidak terhormat
6. Mengawasi akidah, akhlak dan perilaku anak anaknya dirumah, sekolah dan dimasyarakatnya, dengan memilihkan teman dan sekolah yang baik
7. Memperhatikan cara penyampaian pengarahan kepada anak-anaknya sesuai tingkatan umur agar cara yang digunakan tepat sasaran dan effektif.
8. Menghindari keluarga dari gaya hidup yang glamour ( mengagungkan kemewahan duniawi ), pasalnya hal seperti itu akan merusak akhlak, membawa pada kenistaan dan acapkali menjerumuskan kepada jurang kemaksiatan.
9. Menuntun Anak anaknya di waktu kecil agar menghafal al-Qur’an, melarang mereka agar tidak meniru perilaku orang orang kafir, orang orang durhaka dan berdandan dengan dandanan lawan jenis mereka.
10. Mengajarkan rajin berderma / shodaqoh dan peduli terhadap sesama, menanamkan selalu bahwa semua yang kita punya hanyalah titipan semata yang harus kita pertanggung jawabkan nantinya.

Komentar